Dalam bekerja, seorang operator tidak sendiri. Diperlukan seorang juru aba – aba (signalman) berpengalaman agar terjadi keselarasan kerja antara. Untuk itu diperlukan aba –aba standard. Kecelakaan fatal telah banyak terjadi karena salah pengertian, dikarenakan aba-aba yang tidak standard, sehingga terjadi salah persepsi. Untuk itu dibuatlah satu standard khusus yang sangat simple agar tidak terjadi miskomunikasi di antara keduanya.
1. Gerakan Boom
Gerakan boom ditandai dengan ibu jari. Sedangkan arah gerakan boom hanya naik dengan turun. Gerakan boom naik ditandai oleh operator bila signalman mengacungkan ibu jari ke arah atas. Sebaliknya bila ibu jari diarahkan ke bawah, artinya signalman tersebut menghendaki agar operator menggerakkan boom turun.
2. Hoisting / Lowering
Pada proses pengangkatan barang, hoisting atau lowering ditandai de3ngan gerakan jari telunjut yang berputar. Apabila signalman menghendaki agar barang dinaikkan (hoisting), maka jari telunjuk tersebut diarahkan ke atas. Demikian sebaliknya untuk lowering, telunjuk diarahkan ke bawah sambil diputar – putar.
3. Gerakan swing
Gerakan swing/ berayun ke kiri atau ke kanan ditandai oleh signalman yang membuka telapak tangannya namun jari jari saling rapat satu sama lain dengan mengarahkan tangan ke arah kanan atau kiri ke tempat yang dikehendaki.
4. Travelling
Adakalanya posisi crane kurang pas dengan keinginan juru ikat/rigger. Untuk itu diperlukan gerakan berpindah/moving. Oleh seorang signalman gerakan moving bisa berupa gerakan tangan yang statis maupun dinamis. Untuk gerakan statis, seorang signalman cukup mengangkat tangan setinggi dada. Arah gerakan crane didasarkan pada arah telapak tangan. Bila telapak tangan signalman menghadap ke arah crane berarti signalman menghendaki agar crane bergerak mundur. Begitu pula sebaliknya.
Sementara gerakan dinamis diwujudkan dengan gerakan tangan berputar. Bila gerakan mengarah ke badan signalman, artinya crane harus beragerak mendekatinya, namun bila arah putaran menjauh dari signalman, artinya crane harus bergerak menjauh, atau dengan kata laun crane harus mundur.
5. Extending/Retracting
Aba – aba ini hanya berlaku pada tipe telescopic crane dan signalman mengepalkan empat jarinya setiap tangan. Apabila signalman mengehendaki agar operator memanjangkan boom (extending) arah ibu jari dari kedua tangan tersebut akan berlawanan(mengarah keluar). Tentu saja untuk retracting, maka ibu jari harus mengarah ke dalam atgaiu saling berhadapan
Namun jenis aba-aba itu bisa pula dilakukan hanya dengan satu tangan apabila tangan lain sedang memegang barang yang diangkat atau tali kendali. Extending boom ditandai dengan mengarahkan ibu jari ke badan signalman sendiri, sedangkan retracting apabila ibu jari diarahkan ke crane/operator.
6. Gerakan Perlahan
Secara khusus gerakan perlahan ini baik hoisting maupun lowering ditandai dengan gerakan jari memutar yang dibatasi dengan telapak tangan yang lain.
7. Gerakan Stop
Gerakan stop standard ditandai dengan mengayunkan tangan ke samping. Atau kadang-kadang juga dengan kepalan tangan di acungkan ke atas. Satu hal yang perlu diketahui, untuk gerakan emergency stop boleh dilakukan siapa saja walaupun bukan seorang signalman yang ditunjuk.
8. Gerakan lain
Ada beberapa gerakan lain yang tidak saya tuliskan di sini. Namun berdasarkan gambar di atas gerakan – gerakan itu bisa dipelajari lebih lanjut secara mandiri.
Demikian sekilas tulisan ini. Semoga bermanfaat bagi teman- teman.
ada gambaran yang lebih jelasnya gak bro????
BalasHapusMemang agak susah untuk saya kasih gambaran. Sampai saat ini signal yang dipakai rata-rata sudah berstandar internasional. Untuk lebih jelasnya secara praktis kita bisa melihat ke beberapa proyek yang menggunakan crane atau ke perusahaan bongkar muat di pelabuhan. Semua sudah menggunakan signal standar.
BalasHapusSaya berminat untuk menjadi operator tower crane, bisa kasih info tempat pelatihan untuk operator tower crane tingkat pemula dan kalau ada juga sekalian yang bisa menyalurkan kerja.
BalasHapussalam
Bagi anda yang bermukim di pulau Jawa bisa menghubungi Alkon Training di Kedung Doro Building Surabaya Jl. Kedungdoro Surabaya. Apabila bermukim di Pulau Kalimantan bisa menghubungi kantornya yang berada di Balikpapan KalTim. Namun akan lebih baik bila seorang calon Crane Operator belajar terlebih dahulu tentang rigging karena pekerjaan Operator Crane tidak bisa terpisah dengan rigger (juru ikat). Sampai saat ini Kami belum memperoleh data tempat pelatihan semacam BLK yang mengajarkan untuk menjadi seorang Operator Crane. Kalau alat lain banyak. Biasanya seseorang baru akan ditraining bila sudah mempunyai dasar. Mohon maaf bila jawaban i ni kurang memuaskan
BalasHapusTerimakasih info Alamat ALCON-nya Pak Agus. SALAM.
Hapusass, pa bisa ngga sya belajar rigger atau operator crane sma bpk ?
Hapusdear crane operator,
BalasHapuskira2 berapa biaya untuk mengikuti pelatihan crane operator diAlkon??
Mohon maaf saya tidak bisa menjelaskannya di sini, namun anda bisa menghubungi langsung maupun via website. Di samping itu hanya sangat sedikit ilmu yang diperoleh di Alkon karena waktu yang sangat terbatas. Untuk belajar secara lengkap akan lebih baik bila langsung turun ke lapangan untuk magang ataupun menjadi juru ikat/rigger terlebih dahulu
BalasHapusAd persi bahasa indo kh mass
HapusSalam kenal pak agus, Sy Dani 35 thn ingin bekerja menjadi juru ikat,saya belum punya pengalaman ttg rigger. sy pernah bekerja sbg operator mesin injeksi yang biasanya juga memakai crane membawa mouldingnya..mohon bantuannya pak agus,saya harus bertemu dengan siapa,atau melamar kemana ya..?? minimal sy bisa belajar dulu dilapangan pak agus..Terima Kasih sebelumnya
BalasHapushttp://bunnyvista.files.wordpress.com/2009/06/img_0205.jpg
BalasHapusgambar yg mirip ni pak dan lebih Jelas
boleh tanya bagaimana awalnya bapak bisa menjadi operator crane pak?
BalasHapuskarena sampai sekarang saya masih sangat tertarik dengan tower crane..
pa krja d mna ?
BalasHapuspa krja d mna ?
BalasHapusMaaf,mau tanya,ada lowongan kerja untuk posisi signalman,saya mempunyai sertifikat lifting supervisor,slinging dan ringging,kalau ada mohon infonya dan bisa hubungi saya +60146191713 terima kasih banyak.. khusus untuk kerja di wilayah indonesia bosan kerja di negara orang.by rahmat.. thanks
BalasHapuspak agus@bisa nggak saya kerja jdi juru ikat rigger dgn anda atau kalo ada lowongan lain untuk saya
BalasHapuskarna saya kmarin kerja dicontraktor jga bgian juru ikat kontener barang kargo besi habim dll diproyek oki pulp&paper
thanks
Saya ingin mengikuti sekolah operator tower crane caranya seperti apa
BalasHapusSayangnya sampai saat ini saya belum menjumpai sekolah seperti itu. biasanya seseorang menjadi helper pada seorang yang sudah menbgenalnya terlebih dahulu baru kemudian naik menjadi operwtor. Saya memang pelatih operator crane. namun selama ini saya melatih hanya operator crane mobil dan pedestal karena kesempatan hanya itu.
Hapus